D-IV FISIOTERAPI UNAIR ADAKAN GUEST LECTURE PROGRAMME BERSAMA LEIDEN UNIVERSITY, NETHERLANDS

FISIOTERAPI NEWS – Program studi D-IV Fisioterapi Universitas Airlangga menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri. Kali ini, D-IV Fisioterapi menjalin kerjasama dengan Leiden University Medical Centre, Netherlands. Bentuk kerjasama ini berupa Guest Lecture yang membahas mengenai ilmu fisioterapi. Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting pada tanggal 26 Mei 2023 dengan diikuti oleh mahasiswa D-IV Fisioterapi Universitas Airlangga.

Guest Lecture atau kuliah tamu merupakan kegiatan perkuliahan untuk menambah ilmu pengetahuan tentang berbagai hal. Sehingga dosen maupun mahasiswanya berkesempatan memperluas ilmunya. Kuliah tamu biasanya menghadirkan narasumber dari para praktik/otoritas dan pakar perguruan tinggi. Karena untuk memperoleh pengetahuan ilmiah, tidak hanya dari bagian internal saja, tapi perlu pandangan tambahan dari luar.  Kuliah tamu ini juga menjadi salah satu upaya mendukung proses belajar mengajar di lingkungan kampus. Kuliah tamu ini juga bisa tercipta dari kerjasama antar suatu program studi dengan instansi lainnya.

Guest lecture kali ini menghadirkan DR. Erick Vermeulen, PT. MT selaku dosen di Leiden University Medical Centre sebagai pemateri. DR. Erick Vermeulen, PT. MT berbagi pengetahuan mengenai ilmu di bidang fisioterapi khususnya kasus Frozen Shoulder.  Beliau memaparkan kondisi frozen shoulder (nyeri bahu) adalah gangguan pada sendi bahu yang dapat menimbulkan nyeri disekitar sendi bahu dan selalu menimbulkan keterbatasan gerak sendi kesemua arah gerakan sehingga akan menimbulkan terjadinya permasalahan baik masalah fisik maupun penurunan aktivitas fungsional. Seringkali Frozen shoulder terjadi pada usia 40 – 45 tahun,  biasanya perempuan lebih banyak mengalami frozen shoulder daripada laki-laki. Terapi yang bisa dilakukan pada kasus tersebut yakni terapi obat-obatan, injeksi, massage, terapi manipulasi dan latihan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan menambah wawasan dan pengetahuan di bidang fisioterapi, serta mempererat kerjasama antara Universitas Airlangga dan Leiden University Medical Centre. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan capaian fakultas dalam bidang staff outbound.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *