Pengabdian Masyarakat Hima Fisioterapi dan Hima Pengobat Tradisional : “Menjaga Pola Hidup Sehat Guna Meningkatkan Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi Covid-19”

Pengabdian Masyarakat Hima Fisioterapi dan Hima Pengobat Tradisional : “Menjaga Pola Hidup Sehat Guna Meningkatkan Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi Covid-19”

Himpunan Mahasiswa Fisioterapi dan Pengobat Tradisional Fakultas Vokasi Universitas Airlangga telah melakukan kolaborasi program kerja berupa Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 11 dan 12 September 2021, bertempat di Desa Tambak Lumpang, Kecamatan Sukomanunggal Kota Surabaya.

Pengabdian Masyarakat ini merupakan serangkaian acara yang dilaksanakan secara hybrid. Rangkaian acara Pengabdian Masyarakat ini diawali dengan melaksanakan webinar nasional yang dilaksanakan pada tanggal 11 September 2021 secara hybrid (online untuk para peserta dan offline untuk warga setempat). Webinar Nasional tersebut mengusung tema Peran Nutrisi dan Aktivitas Fisik Dalam Pencegahan dan Pengobatan Nyeri Punggung Serta Bahu di Masa Pandemi yang menghadirkan beberapa pembicara antara lain Arni Kusuma Dewi, dr,, M.Si (Dosen program studi Fisioterapi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga), Yustinus Fernando Sugiarto, A.Md.Fis (Alumni mahasiswa program studi Fisioterapi 2021), dan Edith Frederika Puruhito, S.KM., MSc (MedSci) (Dosen Pengobat Tradisional Fakultas Vokasi Universitas Airlangga). Pada tanggal 12 September 2021 acara Pengabdian Masyarakat dilaksanakan secara offline dan memiliki serangkaian kegiatan seperti senam pagi, skrining kesehatan berupa tensi dan tes gula darah, penyuluhan kesehatan berupa akupresure dan treatment.

Menurut Arrijal Budi selaku ketua pelaksana acara Pengabdian Masyarakat program studi Fisioterapi 2021, acara Pengabdian Masyarakat ini memiliki tujuan yaitu menerapkan salah satu tri darma perguruan tinggi yaitu “pengabdian masyarakat”, serta belajar untuk menumbuhkan rasa sosial. Serta mempromosikan fakultas vokasi kepada masyarakat khususnya program studi fisioterapi dan pengobat tradisional melalui treatment-treatment khasnya.

Ketua pelaksana Pengabdian Masyarakat program studi Fisioterapi 2021 berharap semoga pemberian sembako kepada masyarakat dapat meningkatkan rasa sosial mahasiswa agar semakin sadar akan kesulitan masyarakat dengan ekonomi yang terhimpit akibat pandemi yang berkepanjangan dan tentunya semoga sembako ini membantu memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Selain itu, pemberian treatment kepada masyarakat merupakan sarana untuk mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatkan di bangku perkuliahan.

 

Penulis        : Retno Kartika Utomo

Sumber    : Vokasi Unair News ( http://vokasi.unair.ac.id/id/2021/09/23/pengabdian-masyarakat-hima-fisioterapi-dan-hima-pengobat-tradisional-menjaga-pola-hidup-sehat-guna-meningkatkan-imunitas-tubuh-di-masa-pandemi-covid-19/ )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *