POSTER ILMIAH “BAMPIE” RAIH JUARA 3 PIMAF 2021

POSTER ILMIAH “BAMPIE” RAIH JUARA 3 PIMAF 2021

 

Tim Lomba Poster Ilmah Fakultas Vokasi  Universitas Airlangga mengukir prestasi sebagai Juara 3 Lomba Poster Ilmiah dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Fisioterapi Indonesia (PIMAF) tingkat nasional. Mereka adalah Lusiana Regita Cahyani, Aditya Nurdian Ramadhani, dan Indah Putri Insani berhasil membuat poster yang berjudul “BAMPIE”. Poster tersebut diharapkan dapat memberikan edukasi ke masyarakat untuk mencegah osteoarthritis.

PIMAF merupakan serangkaian kompetisi tingkat nasional yang terdiri dari lomba poster ilmiah, call for paper  dan videografis yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Fisioterapi Indonesia (IMFI). Acara ini mangangkat tema “GOVETASTIPHY (Good Move and Fantastic Action With Physiotherapy)

Ketua Tim Poster Ilmiah “BAMPIE”, Indah Putri Insani mengungkapkan bahwa “BAMPIE” merupakan cara unik untuk mengedukasi masyarakat untuk mencegah penyakit osteoarthritis. Alasan dipilihnya tema Osteoarthritis ini juga karena merupakan penyakit degenerative pada persendian yang dapat di derita oleh masyarakat di berbagai kelompok usia.

“BAMPIE sendiri terdiri dari Berat badan ideal, Aktif bergerak, Menjaga postur tubuh, Peregangan otot, Istirahat cukup dan Exercise. Semua dikemas dengan bahasa yang padat dan jelas dengan harapan dapat menjadi daya tarik masyarakat untuk mencegah osteoarthritis” ujarnya.

Mahasiswi D4 Fisioterapi 2019 itu menjelaskan bahwa juara yang didapatkan timnya ini juga tidak terlepas dari bantuan kakak tingkatnya yang bersedia membagikan ilmunya.

“Kami juga sering bertanya ke kakak tingkat mengenai tips dan trik, serta pembahasan lebih dalam mengenai isi materi yang di tulis di poster maupun yang dipresentasikan” tuturnya.

Mahasiswi yang lebih akrab disapa Puput itu juga berharap pembaca dapat mencegah sejak dini penyakit osteoarthritis yang dapat terjadi di usia lanjut maupun usia muda.

“Kami berharap pembaca dapat mengingat dan menerapkan BAMPIE sebagai langkah awal pencegahan osteoarthritis dan langkah kecil kami sebagai mahasiswa untuk mendharmabaktikan ilmu yang didapat selama perkuliahan untuk mengharumkan nama Fisioterapi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga” tutupnya.

 

Penulis : Aditya Nurdian Ramadhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *