STAFF OUTBOUND KE HIROSHIMA UNIVERSITY GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PENELITIAN

Pada 30 Juni-30 Juli 2018, Program Studi D-IV Fisioterapi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, mendapat kesempatan memberangkatkan salah satu staf laborannya untuk merealisasikan kerja sama joint research dengan Hiroshima University. Ada pun kegiatan tersebut dalam skema staff outbound full time dengan rincian pengambilan data dilakukan di Hiroshima dan Indonesia dalam kurun waktu hingga September 2018.

Rapat dan Diskusi dengan Asisten Profesor Noriaki Maeda dan mahasiswa Program Master

Dalam kegiatan ini, Fransiskalina Erfarenata, S.Tr.Kes, sebagai staf laboran yang didelegasikan, mendapat kesempatan mengambil data penelitian di Hiroshima University. Selain itu, Lina, panggilan akrab staf tersebut, mendapat kesempatan mengunjungi sarana olahraga untuk atlet difabel dan mengikuti beberapa perkuliahan untuk mahasiswa Bachelor, Master, dan Doctorate.

Observasi dan Praktik Badminton Kursi Roda di Sarana Olahraga Atlet Difabel

Selama masa penelitian di Hiroshima University, Lina, dengan bimbingan dari Prof. Prof. Yukio Urabe, PT, PhD, MA, JASA-AT., selaku penanggung jawab laboratorium sport physiotherapy Graduate School of Biomedical & Health Sciences, dan asisten profesor, Noriaki Maeda, RPT, PhD, JPSA-AT, serta bantuan beberapa mahasiswa Master anggota laboratorium berhasil merancang 2 protokol penelitian baru dan mendapat 1 rencana penelitian lanjutan di bidang sport physiotherapy, cardiovascular respiratory physiotherapy, dan geriatric physiotherapy. Penelitian utama dalam program joint research ini dengan tema sport physiotherapy yang difokuskan untuk menghasilkan alat ukur baru yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan fungsional atlet difabel. Hal ini sehubungan dengan Jepang yang akan didapuk sebagai tuan rumah Paralimpic Games, Tokyo 2020. Luaran kegiatan ini adalah untuk menghasilkan publikasi internasional di bidang fisioterapi.

Pengambilan Data Penelitian